×

Pesona Salando Island, Digaris Batas Negeri

blog-post-image

Kalau anda mengatakan bahwasanya pesona Indonesia itu hanya ada di Bali, Lombok, Jogja, atau Danau Toba di Sumatera Utara. Mungkin anda salah, sebab Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa apalagi di Indonesia bagian Timur. Berikut saya ingin mengajak anda semua untuk mengeksplor salah satu daerah yang mungkin belum familiar bagi para wisatawan baik didalam negeri maupun mancanegara.

Yang saya maksud adalah pulau Salando Island, etss mungkin mendengar nama ini anda masih sangat asing, dan anda pun pasti akan bertanya-tanya dimanasih letak Salando Island itu dan apa saja keistimewaanya. Ya, Salando Island terletak di Kabupaten Toli-toli Sulawesi Tengah.

Salando ini merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Pilipina. Lautnya yang masih berwarna biru jernih membuat kita akan berdecak kagum!

Ekplorasi Pulau Salando, Bersama keindahan Pantai dan Habitat bawah Lautnya

Untuk mencapai pulau Salando, Anda harus menunggu air pasang. Biasanya air pasang hanya terjadi sampai jam 11 pagi. Jika air telah surut maka perahu tidak memungkinkan sampai ke tepi pulau. Pulau Salando bukan daerah wisata yang sudah dikelola, oleh karena itu, untuk mencapai lokasinya hanya bisa ditempuh menggunakan perahu milik nelayan. Selain itu, tidak ada pula fasilitas yang memadai di sana sehingga Anda harus benar-benar menyiapkan kebutuhan di sana.

Akan tetapi, soal keindahan pulau ini jangan ditanya lagi! Di bagian puncak pulau yang bisa ditempuh dengan jalan setapak – Anda akan menemukan mercusuar dan tenntunya pemandangan menakjubkan sekeliling pulau. Hamparan laut biru yang jernih dan langit yang cerah tentu akan membuat Anda betah berlama-lama di pulau tersebut.

Ya, wisata ke pulau terluar di Indonesia ini layak jadi rencana destinasi Anda berikutnya. Pulau Salando akan memberikan kesan yang cukup berbeda karena pulau ini masih bisa dikatakan cukup sepi.

Anda dapat mencari penerbangan ke Kota Palu, kemudian dilanjutkan menggunakan pesawat ke Tolitoli. Namun pesawat ke Tolitoli hanya ada di hari Senin, Rabu dan Jumat. Sementara itu, kapal juga hanya tersedia sekali dalam 2 minggu. Pilihan terbaik bisa menggunakan mobil travel yang ada setiap hari. Beberapa maskapai penerbangan melayani rute ke Palu, seperti Lion Air, Garuda, Citilink dan Sriwijaya.

Ada beberapa tips bagi Anda yang ingin melakukan eksplorasi terhadap Pulau Salando:

  1. Anda bisa berkunjung ke Salando pada pagi hari atau sore. Namun pastikan Anda mendapatkan informasi jadwal pasang surut air.

  2. Desa paling dekat ke Pulau Salando adalah Desa Lingadan. Anda bisa pula bertanya ke penduduk desa setempat jika tidak tahu cara ke sana. Warga lokal biasanya akan senang membantu.

  3. Tidak terdapat fasilitas umum di Pulau Salando seperti misalnya sewa alat snorkeling atau pakaian renang, kamar mandi, kamar ganti dan sebagainya. Jadi, Anda bisa menyiapkan keperluan tersebut sebelum berangkat. Jika ingin mandi ataupun ganti pakaian, Anda dapat menumpang di rumah penduduk sekitar.

 

Artikel ini telah terbit di pesonatimur.com