×

Bercengkramah dengan Biota Laut Derawan yang Menggemaskan Bersama Ikon Trip

blog-post-image

Derawan – Bagi anda pecinta wisata bahari tanah air, mungkin sudah tidak asing denga nama kepulauan Derawan. Tempat ini mendapat julukan sebagi Pristine Island yaitu tempat yang keasriannya masih terjaga, sehingga banyak wisatawan yang datang berbondong-bondong ke tempat ini, baik wisatawan domestic maupun mancanegara.

Dengan terjaganya kebersihan dan kelestarian alamnya, sehingga Pantai Derawan masih tetap alami dari masa ke masa. Pertama kali menginjakan kaki disini, wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir putih yang menggemaskan. Warna airnya yang sangat jernih membuat beberapa orang tak bisa beranjak. Terlebih bagi mereka yang menyukai dunia fotografi, disinilah surga yang selalu mereka cari. Setiap sudut adalah spot yang tidak boleh dilewatkan

Keindahan Pantai Derawan tidak hanya berhenti sampai disitu saja, masih banyak hal yang bisa dilakukan disini. Spot diving dan snorkeling menjadi salah satu spot yang tidak boleh dilewatkan. Karena kita bisa berkenalan dengan berbagai macam terumbu karang. Konon katanya ada terumbu karang yang langka lho.

Itu pula yang menjadi alasan mengapa kawasan ini wajib untuk dikunjungi. Ekosistem bawah laut tempat ini benar-benar masih sangat terjaga. Para warga sudah sadar betul tentang seluruh potensi yang ada di sini sehingga sekecil apa pun, para warga akan terus menjaganya demi anak cucu kelak.

Selain ikan-ikan kecil, wilayah Derawan juga dihinggapi beberapa ikan langka yang sangat menarik. Apabila wisatawan beruntung ikan-ikan langka ini akan muncul dengan jumlah yang cukup banyak. Dan akan memanjakan mata anda tidak hanya didasar laut melainkan dipermukaan pun kita bisa melihat aneka biota laut memesona.

Salah satu yang menarik yang bisa dilakukan di malam hari adalah berburu penyu yang lagi bertelur. Karena disini wisatawan masih bisa melihat bagaimana proses penyu hijau bertelur.

Berkeliling pulau ini sembari melihat keindahan dari sudut ke sudut adalah salah satu alternatif. Bisa berjalan kaki, bisa juga menyewa sepeda, cukup dengan Rp 20 ribu anda sudah bisa berkeliling pulau Derawan.

Sembari menunggu sunset yang turun, berbelanja souvenir khas derawan adalah momen yang tidak boleh dilewatkan. Harganya pun cukup murah, mulai dari 50 ribu rupiah. Wisatawan sudah bisa membawa oleh-oleh untuk orang yang dicintai. Semua yang ditawarkan disini merupakan hasil karya warga Suku Bajou.

Warga Suku Bajou adalah warga yang sangat ramah-ramah. Disini wisatawan bisa merasakan bagaimana keakraban mereka. Ajaklah sedikit bercanda agar suasana semakin mencair, rasanya seperti saudara jauh yang sudah lama tidak bertemu. Inilah kenangan yang pasti akan terukir lama dalam benak.

Nah, bagaimana caranya ketika ingin berkunjung ke Pulau Derawan?

Disini kami mau memberikan tipsnya:

Kalau mau berkunjung ke Derawan, disarankan menggunakan jasa Travel Agent, agar anda bisa menjangkau lokasi-lokasi terbaik di Derawan karena anda akan dipandu Guide yang profesional, disamping waktu anda akan lebih efektif dan bujet yang anda keluarkan pun akan terukur dan cenderung lebih murah ketimbang anda harus mencari-cari transportasi dan akomodasi sendiri.

– Untuk rute ke Derawan anda bisa melalui dua pintu masuk yakni via Tarakan atau Berau

  1. Via Tarakan

Rute ini menjadi yang paling diminati terlebih lagi bila wisatawan membawa rombongan. Selain harga tiket yang cukup murah dari Balikpapan menuju Tarakan, jalur ini juga dilayani oleh berbagai maskapai. Jadi wisatawan tidak perlu menunggu lama di bandara.

Sesampainya di Tarakan, wisatawan bisa melanjutkannya dengan naik speed boat. Semakin banyak penumpang maka speedboat ini akan semakin murah karena bisa disewa dengan harga yang terendah.

  1. Via Berau

Dengan Rute ini anda harus terbang langsung dari Balikpapan menuju ke Kabupaten Berau. Ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan ini. Wisatawan pun bisa memilih sesuai dengan budget yang dipunya.

Setelah sampai di kabupaten Berau wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Tanjung Batu. Jarak tempuh Berau – Tanjung Batu adalah 2 sampai 2,5 jam perjalanan darat menggunakan mini bus.

Kemudian setelah sampai di Tanjung Batu, Perjalanan dari Tanjung Batu menuju ke Pulau Derawan kurang lebih 30 – 45 menit, tergantung dengan kondisi laut.

Dari rute diatas, anda tentu sudah memiliki gambaran yang jelas berapa biaya yang akan anda keluarkan. Dan disini kami ingin berbagi info untuk harga paket trip Lokal Derawan. Harga mulai IDR 1.3 juta (3D2N) All in, meeting point Bandara Juwata Tarakan, atau Pelabuhan Penyebrangan Tanjung batu.

Sejatinya kita harus memilih, jasa Travel agent lokal terpercaya dan berpengalaman. Setelah beberapa kali berkunjung ke Derawan, Ikon Trip selalu memberikan pelayanannya terbaik, dan tidak pernah mengecewakan. Untuk info pemesanan bisa hubungi Admin Ikon trip HP/WA di 082157389284 atau 082149691637

Inilah Indonesia yang sesungguhnya yang mempunyai berbagai macam pesona yang tidak terbendung indahnya. Kawasan yang akan selalu terkenang ini menjadi wajib dikunjungi. (pst)