×

Cerita Pemenang Lomba Artikel Pesonatimur.com, Liburan ke Pulau Derawan

blog-post-image

Happy holiday guys , kalian kemana aja nih selama liburan ini? Oh, iya Saya bakal menceritakan nih pengalaman saya dari awal mengikuti lomba hingga saya pulang dari pulau Derawan.

Sebelum itu, Saya berterima kasih kepada keluarga yang sudah mensupport saya dalam event ini , lalu saya mengucapkan banyak terimakasih kepada, teman-teman yang sudah membantu saya dalam pembuatan artikel ini, dan terima kasih kepada pihak pesonatimur.com selaku penyelenggara event dan ikon trip selaku agent perjalanan wisata, sehingga saya bisa keluar menjadi juara 1 dalam lomba artikel pariwisata #pesonawisatakaltaraku yang diadakan oleh Pesonatimur.com.

Jadi sebelum saya ke Derawan saya terlebih dahulu mengikuti acara yang dilaksanakan oleh pesonatimur.com yaitu lomba artikel pariwisata #pesonawisatakaltaraku lalu saya mengikuti event tersebut saya dibantu teman saya mulai mencari ide , dan saya mengambil tema artikel yaitu “Wisata Belajar Dimuseum Flora Dan Fauna Tarakan” lalu setelah saya menyetorkan artikel tersebut terhadap pihak penyelenggara masuklah kepada tahap penilaian dari tanggal 19 Februari – 30 April , dan pada 7 Mei 2018 pengumuman pemenang , lalu pada tanggal 7 Mei di sore hari saya ditelpon pihak penyelenggara , bahwa saya keluar sebagai juara 1 dalam lomba ini, perasaan saya bahagia campur kaget, gak menyangka aja bisa menang dalam lomba ini, terima kasih pesonatimur.com. lalu hadiah dari lomba ini berupa paket perjalanan wisata Derawan, sungguh bahagia mendapatkan liburan gratis hehe.
Saya menerima hadiah tersebut di sekolah di SMA N 2 TARAKAN, setelah itu diaturlah jadwal keberangkatan ke pulau Derawan, yakni pada Tanggal 20 Juni 2018.

Saya berangkat dari rumah jam 12.00 Wita, menuju pelabuhan SDF, lalu saya berangkat menuju Derawan ditempuh kurang lebih 3 jam perjalanan laut, kami menggunakan speedboat,

Setelah perjalanan yang cukup melelahkan namun menyenangkan, sampailah saya beserta teman trip kepulau Derawan. Kesan pertama melihat pulau Derawan, bahagia sekali, pantai jernih dan bening , pasir nya berwarna putih, terumbu karang yang indah dan berwarna warni, dan banyaknya ikan-ikan kecil berenang di dekat terumbu karang, dan itu terlihat indah sekali, setelah itu speedboat kami bersandar dan menepi ke dermaga, kemudian kami naik ke penginapan yang terletak di pinggir pantai, setelah check-in kami beristirahat sebentar dan pada sore hari saya menyewa alat snorkling dan berenang di pantai yang ada di pulau Derawan tersebut.

Cukup indah dan bersih, saya jarang melihat sampah berserakan di pinggir jalan di pantai dan di dalam lautnya, dan disana juga tersedia banyak tong sampah, jadi kebersihannya terjaga.

Setelah saya puas berenang saya pulang ke penginapan dan bersiap siap buat makan malam disalah satu warung yang ada di pulau Derawan, setelah itu kami berkeliling pulau Derawan melihat bagaimana malam di Derawan dan ternyata cukup ramai, banyak didatangi turis-turis domestik dan mancanegara, setelah itu kami beristirahat bersiap siap buat trip keosakan harinya.

Pagi buta saya bangun demi mendapatkan sunrise dan saya pergi keujung pulau yaitu ke pantai untuk mendapatkan view matahari terbit, setelah itu saya kembali kepenginapan dan sarapan, setelah sarapan kami bersiap untuk perjalanan mengeililingi pulau disekitar Derawan. Perjalanan pertama saya beserta rombongan yaitu ke Paradise Resort, sungguh indah sekali pulau Maratua , dingin, airnya bening dan biru , pasirnya yang putih, tapi sayang ada pemandangan kurang enak dipinggir lautnya terdapat banyak serbuk-serbuk kayu, yang membuat pinggir pantainya agak terlihat sedikit kotor.

Setelah itu kami melajutkan ke Gowa H Mangku, disana kalian mendapatkan sensasi meloncat dari ketinggian 7 meter, dan air yang berada di gowa tersebut ialah air payau, dan sejuk sekali airnya, lalu dinding-dindingnya terdapat karang-karang yang cukup tajam dan sakit, jadi jangan lupa memakai alas kaki ya kalo pergi kesini. Setelah puas berenang di gowa tersebut kami berlanjut ke Kakaban dan Kehe Daeng dan kami berenang di situ menurut saya tempatnya masih asri banget , ikan-ikan kecil berlalu lalang disekitar kita , tebing-tebingnya dihiasi pohon pohon yang rimbun.

Setelah itu kami berenang di palung laut, pertama kalinya saya berenang langsung di laut yang sangat dalam tetapi indah sekali, sampai saya melihat kehidupan dibawah air tidak dapat berkata-kata karena cantiknya dan bagusnya kehidupan bawah laut tersebut, dan merasakan sensasi seram dikarenakan palung lautnya , tetapi dipinggir palung itu banyak tumbuh-tumbuh terumbu karang yang berawarna warni dan ikan-ikan yang berbagai macam bentuk.

Setelah puas berenang kami melanjutkan perjalanan ke danau ubur-ubur, disana saya melihat kehidupan ubur-ubur tanpa sengat berenang bersama kami dan kalo pergi kesana jangan pernah mengangkat ubur ubur keatas air, karena takut nanti ubur uburnya terganggu.

Setelah itu kami melanjutkan trip ke pulau Sangalaki , kami melihat kehidupan penyu-penyu yang dilindungi di dunia , salah satu penyu yang terdapat di pulau Sangalaki yaitu penyu sisik dan penyu hijau , lalu dari 7 jenis penyu yang ada didunia 6 jenisnya berada di Indonesia dan kita patut bangga akan hal tersebut setelah melihat betapa imut dan lucu nya tukik-tukik yang berada di penangkaran.

Kami beralih ke tempat yang terakhir yaitu gusung Sanggalau, disini kami mendapatkan hal unik , karena ada sebuah pulau pasir kecil ditengah laut yang akan terlihat ketika air surut dan tenggelam ketika air pasang, cukup indah sekali Gusung Sanggalau ini, setelah itu kami kembali ke pulau Derawan dan beristirahat.

Setelah sampai di Derawan , kami dipersilahkan masuk kekamar masing-masing dan bersiap siap untuk makan malam , makan malam kali ini cukup unik karena kami makan , makanan khas derawan yaitu balelo makanan ini seperti kerang kerang yang kecil rasanya enak dan kenyal, setelah makan malam , kami beristirahat untuk bersiap siap pulang

Keesokan harinya pada jam setengah 6 pagi saya pergi lagi ke pantai untuk melihat sunrise tetapi sayangnya saya tidak mendapatkan sunrise dikarenakan cuaca mendung pada saat disana , jadi saya kembali kepenginapan dan bersiap- siap untuk pulang ke Tarakan.

Setelah melalui perjalanan kurang lebih 3 jam, dan berakhir pula kisah perjalanan saya yang cukup bahagia dan happy , terimakasih pesonatimur.com dan ikon trip yang telah memberikan saya pengalaman yang cukup indah dan bakal dikenang sepanjang masa. (Fuad/pst).