×

Kenapa Harus ke Derawan? Berikut Alasannya

blog-post-image

Ketika ingin menjatuhkan pilihan berkunjung kesuatu destinasi wisata, tentu butuh pertimbangan sesuai dengan mood dan kebutuhan saat itu. Dari itu, kami dari pesonatimur.com sedikit ingin memberikan gambaran tentang pesona pulau Derawan yang begitu fenomenal saat ini. Tentang apa saja yang akan anda dapatkan ketika berkunjung ke Surganya wisata bahari diujung utara Pulau Kalimantan ini.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus kepulau yang merupakan habitat penyu sisik dan hijau yang saat ini sangat langkah di jumpai di beberapa destinasi wisata bahari lainnya.

   

Pulau Derawan kaya akan terumbuh karang dan spesies langkanya.

Kekayaan hayati dilaut Derawan sungguh tak terbantahkan lagi berbagai peneliti dari dalam negeri dan luar negeri sungguh telah membuktikan betapa kaya keindahan bawah laut Derawan yang tak bisa disbanding-bandingkan dengan daerah lainnya. Sehingga jika berkunjung kepulau yang terletak di Kabupaten Berau ini..sangat wajib buat melakukan aktifitas air seperti Snorkeling dan Diving

   

Laut yang Bersih dan Bening sebening Kristal

Kepulauan Derawan terdiri dari puluhan pulau, dengan 4 pulau besar, yakni Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki dan Kakaban. Perairan di sana pun masih sangat bersih! Itu terbukti dari air lautnya yang biru jernih dan terumbu karang dengan beragam warna dan bentuk. Menyelam dan snorkeling di tiap pulaunya bisa.

Waktu terbaik untuk snorkeling adalah dari pukul 09.00 pagi sampai siang hari. Saat itulah matahari sedang bersinar terik dan membuat daya pandang di dalam air makin bagus. Ah, buktikanlah sendiri.

   

Pantai pasir putih

Tak hanya lautan saja, pantai-pantai di tiap pulau di Kepulauan Derawan pun eksotis dengan hamparan pasir putih. Konturnya yang landai pun bikin kita bisa bersantai maksimal! Pulau Derawan dan Pulau Maratua jadi yang paling spesial. rasakan pasirnya yang lembut. Jernihnya air pun menggoda untuk dirasa, ceburkanlah diri dan berenanglah. Buang jauh-jauh masalah kerjaan, tenangkan diri di pantai-pantai di Kepulauan Derawan.

   

Ubur-ubur tak menyengat

Ada yang spesial di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan. Di pulau inilah terdapat Danau Kakaban yang merupakan habitat ubur-ubur tak menyengat. Ubur-ubur yang langka dan unik, karena bisa kamu sentuh dan pegang!

Ada 4 jenis seperti ubur-ubur terbalik, ubur-transparan dan lain-lain. Semua boleh dipegang karena tidak menyengat. Saat berenang dan snorkeling di Danau Kakaban, ubur-ubur di sana pun akan menghampiri kita seolah jinak. Peganglah pelan-pelan, secara halus. Yang harus diingat adalah, jangan mengangkatnya ke permukaan air.

Tahukah kamu, hanya ada dua danau di dunia yang punya ubur-ubur tak menyengat. Pertama di Danau Kakaban ini, kedua di Danau Fith di Pulau Eil Malk, Palau. Palau adalah kepulauan Micronesia di Samudera Pasifik sana

   

Laguna milik pribadi

Di kepulau Derawan juga terdapat Laguna yang begitu memesona Tepatnya berada di Pulau Kakaban. Laguna yang airnya asin ini, saluran airnya masih terhubung dengan lautan. Panoramanya hijau gradasi, memiliki papsir putih dan dikelilingi pepohonan bakau. Satu lagi, belum banyak yang datang ke sini!
Laguna ini seolah milik kami sendiri

   

Pulau Derawan Habitat Penyu sisik dan hijau

Ketika berkunjung kepulau Derawan kita masih dengan mudah akan menemukan hewan langkah yang menggemaskan penyu. Habitat penyu yang masih mendiami pulau Derawan adalah jenis penyu sisik dan hijau. Disini juga para wisatawan akan diajak berkungjung ke lokasi penakaran penyu yang berada di pulau Sangalaki, sehingga anda akan dengan mudah untuk mengabadikannya untuk sekedar berfoto bersama.

 

Sumber : http://pesonatimur.com/pesonakaltim/pesona-berau/kenapa-harus-ke-derawan-berikut-alasannya/